Makanan & Produk Apa Yang Harus Di Hindari Selama Kehamilan?

Banyak pertanyaan dikalangan ibu hamil tentang makanan apa saja yang boleh dan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan, dan kenapa?

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella,toksoplasmosis,listeria, E.coli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan anda.

• Jangan makan daging mentah (sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

• Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing selama kehamilan karena mengandung toksoplasmosis.

• Jangan makan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau mentah , hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

• Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA rekomendasi ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebatas 12 ons perminggu

• Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

• Jangan minum yang mengandung alcohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin ada juga problem emosional pada bayi.

• Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh sebaiknya di hindari atau dibatasi karena kopi dapat memperngaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.

Ingatlah perkembangan bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang anda makan selama kehamilan.

© Dr.Suririnah-infoibu

Tambahan dari majalah Mother n Baby Edisi September 2006

1. Pasta yang terbuat dari daging, ikan atau sayuran (kecuali bila sudah diproses jadi makanan kalengan atau telah dipasteurisasi) , es krim yg lembut
Fakta : makanan ini memicu resiko terkena infeksi listeria. Listeria ditandai dengan adanya gejala flu ringan pada calon ibu. namun lebih bahaya lagi untuk janin. Pada beberapa kasus, infeksi ini dapat menyebabkan keguguran atau lahir prematur.

2. Kacang-kacangan. Faktanya Ahli kesehatan menyarankan Anda untuk tidak mengkonsumsi kacang-kacangan saat hamil atau menyusui, khususnya bila Anda punya riwayat alergi dalam keluarga, seperti asma, pilek alergi, eksim dan alergi makanan.

3. Hati. Faktanya Hati mengandung vitamin A dalam kadar tinggi, tapi bila kelebihan dosis dapat berpengaruh pada kehamilan dan menyebabkan cacat otak pada bayi.

4. Kerang dan sushi. Faktanya Jenis makanan ini merupakan sumber makanan beracun yang sebaiknya anda hindari saat hamil.

Bahan Kimia sehari-hari

1. Produk Pembersih. Faktanya bahaya produk ini pada janin masih menjadi perdebatan. Bila anda menggunakannnya, jangan lupa memakai sarung tangan, dan hindari kontak secara langsung dengan produk-produk dengan wangi menyengat dan segala jenis pestisida.

2. Penyegar Ruangan dan Aerosol. Faktanya banyak Aerosol dan penyegar ruangan menyebarkan zat organik yang dapat berdampak negatif bagi kehamilan. Bila anda terpaksa menggunakannya, jangan gunakan di ruang tertutup dan usahakan agar ventilasi berfungsi dengan baik.

3. VDU dan Fotokopi. Faktanya banyak wanita hamil cemas dengan efek fotokopi dan komputer selama kehamilan. Radiasi fotokopi dan VDU (Visual Display Unit) sebenarnya hanya sedikit dan tak perlu dicemaskan.

4. Cat. Faktanya sebisa mungkin, hindari mengecat ruangan untuk mengurangi paparan bahan kimia. Namun bila terpaksa, lebih aman anda pakai cat berbahan dasar air, seperti emulsi, dan hindari cat berbahan dasar minyak, cat semprot, cairan penghapus cat dan terpenting gunakan sarung tangan dan usahakan ventilasi baik.

5. Cat rambut. Faktanya belum diketahui apakah cat rambut 100%aman bagi wanita hamil. Namun ada dugaan serapan bahan kimia dari cat rambut hanya sedikit, khususnya bila anda di highlight. Jadi, kemungkinannya aman bagi wanita hamil.

6. Dry Clean. Faktanya wanita hamil aman mengenakan pakaian yang di dry clean, karena jumlah pembersih yang tertinggal pada pakaian hanya sedikit sekali.

*Obat-Obatan*

Anda mungkin sakit flu atau sakit kepala sepanjang kehamilan, namun sebaiknya Anda berhati-hati minum obat.

Parasetamol dalam jumlah wajar dapat meredakan rasa sakit. Namun hindari aspirin dan ibuprofen. Beritahu dokter Anda tentang kehamilan Anda sebelum ia menuliskan resep obat untuk Anda. Tunda dulu kehamilan atau berkonsultasilah dengan dokter bila Anda sedang menjalani pengobatan untuk epilepsi, anti depresi dan jerawat.

Waspadai obat flu seperti decongestan sebelum Anda mengonsumsinya, karena banyak mengandung ephedrine yang meningkatkan tekanan darah. Obat-obatan semacam ini harus dihindari selama kehamilan.

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in artikel hamil and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s