Tips memilih Day Care (Tempat perawatan anak)

Ini kuambil dari High Reach Day Care yg punya 5 tips :

1. Apa yang disukai anak?

–> apa tipe perawatan yg cocok dapat dilihat dari temperamen, apa yg dia suka dan tidak, hobi, gaya belajar, perlunya perhatian individual. Ataukah anak hanya membutuhkan sosialisasi? apa anak pendiam sehingga harus didorong untuk melakukan sesuatu yang baru? Apa anak mudah capek (sehingga bisa mencari TPA dekat rumah?

–> Orang tua harus tau kebutuhan mereka & anak.

Tidak ada satu tempat yg bisa memenuhi semua kebutuhannya. Apabila anak suka eksplorasi, cari program yg memiliki spesialisasi itu. Nilai2 dalam keluarga bisa dijadikan panduan untuk memilih tipe program. Contoh : jika membangun kebiasaan membaca penting untuk anda, cari tempat yang mengembangkan budaya membaca.

2. Apa yang anda cari di Day Care /TPA ?

–> setelah mengetahui hal2 penting yang dibutuhkan anak & anda, anda bisa membuat list. Contoh : dekat rumah atau kantor, mau yg banyak anaknya atau justru yang lebih sedikit, perlu memiliki kegiatan keagamaan, gaya disiplin yang sesuai dengan pilihan anda

–> Memiliki struktur bantuan dukungan misalnya bila ibu anda bisa menjemput anak anda pada siang hari anda bisa meminta program setengah hari, kualitas guru, bentuk fasilitas dan jumlah mainan/stimulasi yang akan didapat anak

–> Bagaimana mencarinya?

Anda dapat menanyakan teman, keluarga, atau kolega untuk memberikan rekomendasi. membaca rekomendasi dari majalah, koran atau tabloid. Cari di internet atau milis kumpulan orang tua.

2. Persempit pilihan

Setelah punya list kemungkinan. Telpon dan tanya pertanyaan2 umum. Buat catatan apa yang dirasakan saat berdiskusi termasuk alasannya. Berikut pertanyaan2 yang bisa ditanyakan :

a. Program apa yang tersedia

b. Staf kualifikasinya gimana/ latar belakang pengalaman

c. aturan & kebijakan

d. Ratio antara anak dan pengasuh

3. Kunjungi beberapa Day Care /TPA

Setelah mempersempit pilihan, kunjungi Day Care bersama anak. Lihat lingkungannya. Beberapa ceklist untuk panduan anda :

a. Apakah fasilitasnya bersih dan aman untuk anak?

b. Bagaimana anak disambut saat datang?

c.  Apakah anak2 belajar sementara mereka bermain?

d.  Apakah faktanya sesuai dengan yang diklaim TPA tersebut. Contoh di brosurnya menyebutkan ruang kelas yang menyenangkan, ceklah.

e. Gimana reaksi anak?

4. Konfirmasi pilihan anda

Setelah mengunjungi beberapa TPA untuk mendapat kesan pertama, anda bisa mempersempit pilihan lagi dan mulai mencari referensi. Misal dari ortu yang menjadi anggota, dapat ditemui saat mengantar-jemput anak mereka. Tanya mereka bagaimana menemukan TPA tsb. Apakah anak mereka suka dan apa manfaat yang mereka rasakan.

–> Day Care mungkin juga dapat menyediakan kontak orang tua yang menitipkan anaknya. Tanya opini mereka dan tanya kenapa anak mereka sudah tidak di Day Care tersebut (bila sudah tidak aktif lagi).

5. Tetaplah berhubungan

Setelah memilih TPA, kerja anda belum berakhir. Bahkan, inilah saat anda mulai membangun hubungan jangka panjang dengan TPA tersebut.

–> Menerima masa penyesuaian. Anak memerlukan waktu untuk menyesuaikan lingkungan baru mereka. Jadi jangan panik bila hari2 awal sulit. Anak dengan ‘kebiasaan aneh’ memerlukan waktu lebih dan jaminan orang tua dalam menyesuaikan diri dengan guru mereka yang relatif masih asing.  Kebanyakan balita dan pra sekolah melalui periode ini dengan tangisan, penolakan dan kekesalan setelah mereka masuk. Periode ini berlangsung seminggu s/ sebulan tergantung bagaimana anak beradaptasi. Jadi teruslah sabar dan yakin kalau guru ada untuk membantu setiap anak termasuk anak anda.

–> Anda bisa membantu dengan ikut berada disekitar TPA untuk beberapa hari atau mintalah baby sitter anda. Bawa beberapa mainan atau baju favorit anak di tasnya. Juga yakinkan anak kalau anda akan kembali untuk menjemputnya dan pastikan anda tepat waktu sehingga dia melihat anda saat ‘kelas’ berakhir sehingga dia yakin kalau dia tidak diabaikan.

–> Evaluasi kembali bila dibutuhkan, apabila anak anda masih tidak senang atau terbiasa setelah sebulan, anda mungkin perlu untuk mengecek ulang kebutuhan anak dan mengevaluasi kembali kecocokan TPA, programnya, atau guru tertentu. Ingat untuk berbicara dengan manajer atau direktur TPA dan ajukan pendapat atau keluhan anda.

–> Untuk kebutuhan jangka panjang, laporan harian dari anak tentang kegiatan sehari-hari, kontak rutin dengan gurunya dan kunjungan sesekali dapat membantu anda melihat perkembangan anak dan meyakinkan anda bahwa mereka diasuh dan bergembira.

http://www.hreach.com/tips.html

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in artikel hamil. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s