Aneka Mitos Seputar Persalinan

Ini aku ambil dari majalah nakita (bulan pertama kehidupan, persalinan & perawatan bayi baru lahir), cetakan september 2002 (maklum aku suka hunting majalah parenting bekas).

Meski sudah turun-temurun, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter demi keselamatan ibu dan janinnya,

1. Minum rendaman air rumput Fatimah akan merangsang mulas.

Memang, rumput Fatimah bisa membuat mulas pada ibu hamil, tapi apa kandungannya belum diteliti secara medis. Jadi, harus dikonsultasikan dulu ke dokter sebelum meminumnya. Soalnya, rumput ini hanya boleh diminum bila pembukaannya sudah mencapai 3-5cm, letak kepala bayi sudah masuk panggul, mulut rahim sudah lembek atau tipis, dan posisi ubun-ubun kecilnya normal.

Jika letak ari-arinya di bawah atau bayinya sungsang, tak boleh minum rumput ini karena sangat bahaya. Terlebih jika pembukaannya belum ada, tapi si ibu justru dirangsang mulas pakai rumput ini, bisa-bisa janinnya malah naik ke atas dan membuat sesak nafas si ibu. Mau tak mau, akhirnya dilakukan jalan operasi.

2. Keluarnya lendir semacam keputihan yang agak banyak menjelang persalinan, akan membantu melicinkan saluran kelahiran hingga bayi lebih mudah keluar.

Ini tak benar! Keluarnya cairan keputihan pada usia hamil tua justru tak normal, apalagi disertai gatal, bau, dan berwarna. Jika terjadi, segera konsultasikan ke dokter. Ingat, bayi akan keluar lewat saluran lahir. Jika vagina terinfeksi, bisa mengakibatkan radang selaput mata pada bayi. Harus diketahui pula, yang membuat persalinan lancar bukan keputihan, melainkan air ketuban. Itulah mengapa, bila air ketuban pecah duluan, persalinan jadi seret.

3. Minum minyak kelapa memudahkan persalinan.

Minyak kelapa, memang konotasinya bikin lancar dan licin. Namun dalam dunia kedokteran, minyak tak ada gunanya sama sekali dalam melancarkan keluarnya sang janin. Mungkin secara psikologis, ibu hamil meyakini, dengan minum dua sendok minyak kelapa dapat memperlancar persalinannya. Jika itu demi ketenangan psikologisnya, ya silakan saja. Toh, minyak kelapa bukan racun.

4. Minum madu dan telur dapat menambah tenaga untuk persalinan.

Madu tak boleh sembarangan dikonsumsi ibu hamil. Jika BB-nya cukup, sebaiknya jangan minum madu karena bisa mengakibatkan overweight. Bukankah madu termasuk karbonhidrat yang paling tinggi kalorinya> Jadi, madu boleh diminum hanya jika BB-nya kurang. Begitu BB naik dari batas yang ditentukan, sebaiknya segera hentikan. Akan halnya telur tak masalah, karena mengandung protein yang juga menambah kalori. Asalkan matang, ya, Bu.

5. Makan duren, tape, dan nanas bisa membahayakan persalinan.

Ini benar karena bisa mengakibatkan perndarahan atau keguguran. Duren mengandung alkohol, jadi panas ke tubuh. Begitu juga tape. Pun untuk masakan yang menggunakan arak, sebaiknya dihindari. Buah nanas juga, karena bisa mengakibatkan keguguran.

6. Makan daun kemangi membuat ari-ari lengket, hingga mempersulit persalinan.

Yang membuat lengket ari-ari bukan daun kemangi, melainkan ibu yang pernah mengalami dua kali kuret atau punya banyak anak, misal empat anak. Ari-ari lengket bisa berakibat fatal karena kandungan harus diangkat. Ibu yang pernah mengalami kuret sebaiknya melakukan persalinan di RS besar. Hingga, bila terjadi sesuatu dapat ditangani segera.

Yang menunjang Persalinan :

Sebenarnya, kelancaran persalinan sangat tergantung faktor mental dan fisik si ibu. Faktor fisik berkaitan dengan bentuk panggul yang normal dan seimbang dengan besar bayi. Sedangkan faktor mental berhubungan dengan psikologis ibu, terutama kesiapannya dalam melahirkan. Bila ia takut dan cemas, bisa saja persalinannya jadi tidak lancar hingga harus dioperasi. Ibu dengan mental yang siap bisa mengurangi rasa sakit yang terjadi selama persalinan.

Faktor lain yang juga harus diperhatikan : riwayat kesehatan ibu, apakah pernah menderita diabetes, hipertensi atau sakit lainnya; gizi ibu selama hamil, apakah mencukupi atau tidak; dan lingkungan sekitar, apakah men-support atau tidak karena ada kaitannya dengan emosi ibu. Ibu hamil tak boleh cemas karena akan berpengaruh pada bayinya. Bahkan, berdasarkan penelitian, ibu yang cemas saat hamil bisa melahirkan anak hiperaktif, sulit konsentrasi dalam belajar, kemampuan komunikasi yang kurang, dan tak bisa kerja sama.

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in artikel hamil. Bookmark the permalink.

4 Responses to Aneka Mitos Seputar Persalinan

  1. hari2ku says:

    Kalo kata ibu mertuaku si menurutnya, madu tidak bermasalah, karena madu kan bagus alami. Yang ndak boleh yang manis2 n ndak alami seperti kue2 manis (yg dari roti2 gitu) kan gulanya banyak tu. Kalo urusan berat, aku baca di buku kehamilanku (penerbit : arcan), kalo berat awalnya normal, kehamilannya seharusnya naik sampai 12.5 kg, tapi kalo awalnya kurus, kehamilannya harusnya naik sampai 17.5 kg.

  2. raya says:

    Aku lg hamil anak pertama 8bln.kok lemas bgt ya?? pusing gitu.sm bidan disuruh minum 2 pil penambh darah.tp msh lemas.knp ya? ku mesti gmn?

    • hari2ku says:

      tiap bulan sering disuruh bidan cek hb (hemoglobin) kan? dulu pas awal2 kehamilan hbku rendah kayaknya 9, de. normalnya 11, ibu hamil bagusnya 12. jadi aku disuruh minum zat besi gitu de. tp kata temen2 zat besi yg bagus dari sayuran, daun singkong, dll aku lupa, susu kedelai juga. jadi aku minum tiap hari susu kedelai. alhamdulillah pas 7 bulan gitu hb udah 11.5

      sepertinya si kamu kurang darah. hati2 banyak aja makan yg bergizi. liat sikon kalo dah 1 minggu masih kek gitu. mending ke dokter. kan dah mau deket due date melahirkan. pokoknya harus sehat, baru siapin pernafasannya tuk relaks dalam proses melahirkan. sukses ya

  3. Jihan says:

    Wahh..Baru aja aq siap2 mo konsumsi madu utk prsiapan mlhrkn. Jd ragu klo ada kbr gtu,coz berat bdn ku dah naik 15kg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s