Perlengkapan yang perlu dibawa untuk persalinan

Aku udah baca dari buku Kehamilan ARCAN, kan siap2 tu sapa tau sebelum due-datenya. Jadi mesti udah siapin satu tas yg tinggal dibawa kalo2 kita mesti masuk rumah sakit bersalin. Tapi tadi malem baca di buku parenting bekas ku, list2 nya cukup simpel yaitu :

Tas Perlengkapan Mama :
1. Travelling Bag
2. Celemek Menyusui
3. Kamera
4. Blouse Berkancing
5. Buku bacaan –> khususnya tentang persiapan si bayi
6. Sandal kamar

Make-Up Mama :
7. Sisir/ sikat rambut kecil
8. Tas Make-up
9. Pasta gigi
10. Body lotion
11. Shampo
12. Buku catatan kehamilan & bayi

Perlengkapan Bayi :
1. Koper bayi
2. Selimut flanel
3. Baby powder cake
4. Rattle (mainan bunyi)
5. Baby set 1 : topi, sepatu, baju n celana
6. Baby set 2 : 1 set sisir / sikat rambut, baby powder, baby cologne

Dari Buku Kehamilan ARCAN : Apa yang Anda Hadapi Bulan ke Bulan (Arlene Eisenberg dkk), yaitu :
~
Untuk ruangan bersalin atau melahirkan

1. Buku ini; buku What to Expect Pregnancy Organizer, yang memiliki banyak ruang untuk menyimpan catatan persalinan dan kelahiran. Buku catatan dan pena mungkin berguna untuk menulis pertanyaan dan jawaban tentang prosedur, kondisi anda dan bayi anda; instruksi tentang kapan anda boleh pulang kerumah; dan nama petugas yang merawat anda.
2. Beberapa salinan dari rencana melahirkan sehingga staf penunggu akan mengetahui pilihan anda.
3. Jam yang memiliki jarum detik untuk menghitung waktu kontraksi
4. Radio atau pemutar kaset atau CD, bersamaan dengan beberapa kaset atau CD favorit, jika musik bisa menenangkan dan merilekskan anda.
5. Kamera, alat perekam suara, dan/atau perlengkapan video, jika anda tidak mempercayai ingatan anda untuk merekam saat penting ini (dan jika peraturan rumah sakit atau klinik bersalin memperbolehkan liputan media).
6. Alat hiburan. Kartu, puzzle, laptop, permainan video yang dipegang tangan, atau apapun peralihan yang bisa mengalihkan fokus anda dari persalinan.
7. Bola tennis atau penggulung plastik untuk memijat punggung bawah, jika anda mengalami sakit punggung.
8. Bantal anda sendiri untuk mempernyaman anda selama dan sesudah persalinan.
9. Permen tanpa gula untuk menjaga agar mulut anda tetap basah (meskipun kadang-kadang dianjurkan permen gula, sebenarnya mereka hanya membuat anda merasa lebih haus).
10. Sikat gigi, pasta gigi, dan obat kumur (setelah sekitar delapan jam anda akan merasa ingin menyegarkan diri).
11. Kaus kaki tebal, jika kaki anda menjadi dingin.
12. Sandal yang nyaman dengan alas anti selip, jika anda merasa ingin berjalan-jalan selama persalinan dan agar kelak anda bisa berjalan-jalan diantara waktu menyusui.
13. Sikat rambut, jika penyikatan rambut terasa menenangkan bagi anda.
14. Ikat rambut, jika anda berambut panjang agar rambut tidak menghalangi wajah dan tidak kusut.
15. Roti atau makanan kecil lain untuk pendamping anda, sehingga ia tidak harus meninggalkan anda untuk mencari makanan.
16. Air jeruk atau minuman lain untuk merayakan kelahiran anak anda.

~Untuk Pasca melahirkan
17. Gaun atau jubah malam jika anda lebih ingin mengenakan milik anda sendiri daripada milik rumah sakit. Pastikan bahwa gaun ini memiliki bukaan depan agar mempermudah menyusui. Tetapi perlu diingat bahwa meskipun gaun yang cantik bisa menaikkan semangat anda, ia bisa terkena noda.
18. Benda-benda kebersihan diri, termasuk shampo, sikat gigi, obat kumur, cairan pelembab kulit (kulit anda bisa mengering akibat hilangnya cairan tubuh), sabun di dalam wadahnya, deodoran, sikat rambut, cermin kecil, rias wajah, dan benda-benda kecantikan dan kebersihan lainnya. (jika anda ketinggalan beberapa benda, kemungkinan besar akan tersedia di rumah sakit atau klinik bersalin).
19. Pembalut wanita, meskipun pembalut seperti ini akan disediakan oleh rumah sakit/klinik bersalin. Jangan menggunakan tampon.
20. Dua pasang pakaian dalam dan bh menyusui.
21. Semua benda hiburan yang telah disebut diatas, ditambah buku-buku (termasuk buku nama bayi jika keputusan belum diambil).
22. Cadangan makanan kecil : kismis, kacang-kacangan, biskuit kering yang terbuat dari bijian utuh, sereal batangan, dan makanan sehat lainnya agar buang air besar anda tetap lancar dan agar anda tidak kelaparan ketika rasa lapar menyerang di antara waktu-waktu makan besar atau ketika anda menyusui di tengah malam.
23. Daftar nomor telepon keluarga dan teman untuk memberitakan kabar gembira; kartu telepon atau telepon seluler (meskipun beberapa rumah sakit tidak memperbolehkannya).
24. Musik untuk merilekskan anda ketika menyusui.
25. Pakaian anda untuk pulang ke rumah, perlu diingat bahwa perut anda masih akan cukup besar seperti anda masih hamil lima bulan.
26. Pakaian bayi untuk pulang ke rumah – kimono atau jubah, kaus oblong, sepatu bayi, selimut gendong, dan selimut tebal jika cuaca dingin; popok mungkin akan disediakan oleh rumah sakit, tetapi bawalah popok cadangan.
27. Kursi bayi untuk dimobil. Kebanyakan rumah sakit tidak memperbolehkan anda membawa bayi di dalam mobil kecuali ia diikat dengan aman di kursi bayi yang dipasang menghadap ke belakang.
28. Kamera dan film (atau kamera sekali pakai).
29. Buku bayi untuk mencatat semua peristiwa khusus.
30. Buku bayi pada Tahun Pertama : Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan (Arcan 1997).

Itu si 2 referensi (majalah parenting n buku kehamilan), di buku kehamilannya si lengkap ya. Tapi terserah ibu-ibu mau pilih yang mana atau ada referensi tambahan :)

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in artikel hamil, hamil, trimester 3 and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Perlengkapan yang perlu dibawa untuk persalinan

  1. Eka says:

    Salam kenal… Waaahhh makasih neh dapet panduan untuk perlengkapan persalinan hehehhehe memang ini bukan pengalaman pertamaku melahirkan tapi pengalaman terakhirku melahirkan 9 tahun yang lalu hehehehe jadinya udah banyak lupa. Sekarang jadi inget lagi deh.. Makasih banyak ya Mba…

  2. farah says:

    ratle itu apa kak?

    • hari2ku says:

      maaf baru aku tambahin lagi tu, waktu nulis dulu langsung translate bukunya tanpa pengetahuan :D, skrg syudah punya baby baru ngerti ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s