Saatnya tiba ‘Melahirkan

Maap, maap bgtz ndak posting2, Alhamdulillah bayiku sudah lahir, skrg sudah hampir 2 bulan … lho kok? … masih ingat ndak HPL (hari perkiraan lahir) ku tgl 4 juni, tapi ternyata bayinya sudah keluar tgl 20 mei, n alhamdulillahnya proses bener2 mudah, ndak seperti kata2 orang ‘1001 rasa sakit ada disitu’. Mau tau ceritanya ;P

jadi pas tgl 10 mei , suamiku ke jkt, belum tuk boyong aku ke bandung (karna aku ambil cutinya tgl 17), nah kita tu kek pacaran de hehe, jalan2 dll spend waktu beduaan sebelum dikit lagi betigaan kan. dia ke bandung (rumah mertua sekaligus rencana tempat lahir) tgl 12nya. Pas tgl 13 siang tiba2 aku keluar flek ada lendir sedikit, tanya suami n disuruh cek. Kata bidan aku belum ada his, tapi kalo mau mlahirkan di bandung, harus berangkat malam itu atau besok paginya. Suami maksa (ditelp) jam 8 malem tuk datang malam itu juga (padahal rencana bsk paginya aja abis cape pulang kerja…. ya su deh repot cari travel *via telp tanya2 yg berangkat sekitar jam 9-10, Akhirnya naik x-trans.

nah, besoknya (kamis) cek dokter, udah pembukaan 2 (wah bumer bilang waktu beliau pembukaan 2 mah hari itu juga lahir). Aku banyak2 jalan, ngepel jongkok biar mempercepat pembukaan. Sabtu keluarga mertua pergi sampe selasa, jadi deh kami cuma berduaan dirumah… ets bertiga (aku , suami, calon dede). Minggu malem berasa mules2 susah tidur, rasanya kek diare aja.

Senin mules lebih intens 10 menit-15 menit sekali, tapi kadang jeda lama. Jadi still unsure gitu dech n sorean dah ndak mules, lagian aku juga bab terus jadi pikir may be karna sakit perut biasa.

Selasa pagi sekitar jam 7 mules makin hebat, aku paksain jalan terus. hitung2 ama suami dah agak 5 menitan, pas jam 9 telp rumah bersalin, katanya dokter ndak ada karna tgl merah tapi bidan siap. Udah deh siap2 sedikit n cabuts ke KLINIK KARTINI. Jam 10 kami nyampe, n liat2 sepi bener, aku bilang suami agar cari suster n tanya. Akhirnya masuk ruang bersalin yg lagi heboh sama ibu2 yg tereak2 (wah bikin scary ni, tapi inget2 bukunya mbak eva ttg melahirkan tanpa rasa sakit, hypnobirthing, kita harus relaks biar hormon stress yg memicu sakit tidak meningkat, lagian kan kasian baby, dia juga lagi berusaha).

Jam 10.15 aku dipasang CTG, alat tuk cek bukaan n his, disuruh diam 45 menit coba lagi mules2 gitu mana makin hebat aja. Pas kontraksinya datang, aku tarik nafas n buang cepat (kek yg ditulis di buku hypno) sambil terus zikir, sebelnya ndak bisa pegangin tangan suami karna dia lagi ambil tas persiapan persalinan dirumah. Jam 11 CTG selesai, kata bidan aku dah bukaan 5, aku disuruh ganti pake sarung trus kami ditinggal karna dia lagi ngurusin beberapa moms seperjuangan. Rasanya lapar n haus terus mana pipis2 juga, si bidan dah takut aja aku ke wc n ngelarang aku ngeden. Jam 12 cek lagi dah bukaan 8, ketuban dipecahkan. jam 12.30an aku maem kacang ijo, trus mules bener tu mang pengen BAB. Aku berusaha tahan, karna bidan lum nyuruh ngeden sekaligus nunggu dokter datang (Dokter ony yg dah dipanggil tuk duty). Nggak tahan, aku bilang ma bidan, rasanya dah pengen beol….. n akhirnya dia bolehin ngeden tapi disuruh miring, maksudnya si biar anak ndak keluar dulu.

Ndak berapa lama dokter datang n bimbing aku, trus berasa bunyi Blub…. tapi aku still ngeden karna pikir may be tu kepala n sisanya kan badan mesti dikeluarin… tapi kata dokter dah cukup… Baby dah keluar😀.

Alhamdulillah bgt pas ngeden tu enak kek BAB aja, rasanya mules2 ilang…. may be karna bayiku kecil kali ya 2.8kg panjang 47cm n lebih cepat 2 minggu. selama pembukaan sampe dijahit pun aku bisa becandaan sama dokter n bidannya. Jahitnya sedikit, bahkan aku tanya berapa jahitan, si dokter cuma jawab “sedikit kok cm jelujur”, tapi emang si rasanya ngilu (mudah2an ndak dijahit lagi tuk yg seterusnya ni, mesti banyakin senam kegelnya). eh iya digunting ndak sakit si cuma berasa sedikit digores lah … kan pas lagi mules bener tu.

Selesai proses pengeluaran plasenta, aku disuruh makan n pake pembalut nifas, suami tuk takut bener ngeliat byk darah n juga dia still terpesona ngeliat proses kepala bayi yg tadinya diujung keliatan kecil, pas keluar besar kek ditiup angin aja. Jam 5an aku dah masuk kamar (galio nifas), udah jalan2 sedikit n mandi. Disana 3 hari n pulang with my baby ‘Kynan Adila Machda’
So, highly recommend tuk baca hypnobirthing n banyak doa tuk teman-teman seperjuangan yg mau menjalani proses ini ;P

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in hamil, trimester 3 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Saatnya tiba ‘Melahirkan

  1. Aila says:

    Whaaaa…serrru serru..tapi sepertinya rada mengerikan ya mba…
    Btw salam kenal, aku lg iseng keliling2 ee tau2 tersesat kesini. Btw klo mo mampir juga gpp😛

  2. dhikamunir says:

    Aduh mbk, kok abis baca ini jadi agak tenang yah. mau persiapan kelhiran nih. tinggal satu bulan lagi. pas baca ini kok kayaknya nyantai banget yah kelahirannya n enggak begitu mengerikan

  3. Aminah says:

    Alhamdulillah mbak, aku belajar hynobirthing. Tapi intinya relaks tenang, kalo kita dah takut, hormon stressnya keluar n itu jadi bikin oksitosin bayi berkurang n sesak nafas didalem sehingga efek2nya jadi macem2. So bukan kita kok yg jadi subject tapi the baby. Dia yg dorong2 n berusaha terus tuk keluar.

    Banyak doa ya sis, sering2 ngobs sama baby biar dalam kandungan juga dah kontak batin, cek HB apa udah sampe 11-12 biar ndak banyak pendarahan. Yg aku baca melahirkan itu proses alami jadi sudah sunnatullah jalan2nya.

  4. Aminah says:

    Oh ya, satu lagi selain terutama dimudahkan Tuhan, suami faktor yg sangat mendukung. Waktu itu saya sering minta minum, makan n minta pegang tangan suami waktu kontraksi datang (rasanya spt diare aja tapi intens)

  5. farah says:

    mm.. aku 2 bulan lagi melahirkan kak… belum pernah latihan pernapasan sama sekali.. hufft… musti lebih bnyak baca nihh

Leave a Reply

