Disiplin pada balita

Alhamdulillah si sulung sudah hampir menginjak usia penutup balita, semakin cerdas, rajin bertanya, bercerita dan berimajinasi, beribadah bersama mnjadi imam bunda dan adiknya. sringkali pandai berargumen dan mencari kesempatan utk mengontrol kami untuk memenuhi keinginannya. kalo sudah begini, biasanya aku suka jawab pertanyaannya dan berusaha konsisten, tapi kalo salah dikit aja Kynan peka akan adanya ‘perubahan aturan’ dan langsung protes sambil minta ini itu sbg kompensasinya, yg tentu bundanya ni nggak kasih. bener nggak si cara disiplin balita ni?

belajar dari ibu mertua yg mendidik 4 putranya dg subhannallah, bagaimana utk diam sambil terus berdoa saat anak tantrum (marah, ngambek, merajuk dll), bahwa anak belum mengerti konsep benar dan salah jadi cukup beri dia ruang utk berkreasi. kita cukup jadi teman yg mengawasinya bukan membatasi geraknya (tentu rumah harus dibuat aman dulu). baca referensi yg bagus dari http://rumahbungamatahari.wordpress.com/biro-psikologi-anak-dan-keluarga/pernak-pernik-balita/tips-menjadi-orang-tua-yang-lembut-dan-sabar/

bahwa anak tidak bersalah, orangtualah yang harus memperbaiki pola asuh, diam pada saat anak tantrum (tidak perlu nasihat panjang lebar apalagi menyakiti anak) dan memeluknya saat anak sudah tenang. konsisten utk sesuatu yg tdk baik bagi anak, tenangkan diri dan berikan waktu utk diri kita, banyak berdoa tentunya.

referensi lain dari https://www.sahabatnestle.co.id/Page/anak/parenting/tips/jangan-mudah-berkata-jangan-pada-balita
cukup bermanfaat untuk kynan yg lagi manja bgt maunya diurus bundanya terus. tipsnya dg memberi pilihan misal mandi ditanya mau berapa menit lagi? makan cemilan mau apa setelah makan siang? baju mau pake yg mana?

semoga kita bisa memperbaiki diri agar pola asuh semakin baik dan bertanggungjawab kepada Allah yg telah menitipkan mereka. Amiin

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in Anak2ku and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s