Masya Allah kynan rajin sekolah

Masya Allah, Kynan yg seringkali tidak mau masuk sekolah dengan berbagai cara (sakit, capek, bosan, dll), akhir-akhir ini semakin rajin sekolahnya. Insya ALLAH hasil doa ibu, keluarga dan guru-gurunya. Pencapaian ini saya rasakan setelah mengikuti berbagai tips psikolog di SDQU (*trims kepada bu Danti) untuk mengerti kemauan anak dan tidak memaksanya terhadap sesuatu yang tidak disukainya. Berikut beberapa tips untuk anak2 saat *mogok sekolah :

1. Persiapkan malam sebelumnya : kondisikan agar anak siap esok hari, ingatkan jadwal bangun, sholat, mandi, sarapan, berangkat (atau lainnya) agar ia bisa mengingatkan diri sendiri dan tidak kaget esok hari (jangan mengingatkannya berulang kali saat pagi hari karena akan membingungkan anak), berikan sentuhan dan kehangatan misalnya melalui pijatan, cerita dan doa.

2. Berikan apresiasi : puji anak bila siap lebih awal (atau lainnya), berikan pelukan dan semangat karena ALLAH. berikan keinginannya apabila sesuai syariat dan budget, tips agar anak memiliki tabungan sendiri untuk membeli mainannya, kami menggunakan kompetisi sistem poin (menggunakan kancing dan botol air mineral agar terlihat isinya) dengan perjanjian bersama untuk hal kebaikan yang diberikan poin dan pada akhir bulan hadiah uang untuk poin paling banyak.

3. Dengarkan keinginan anak : apa sebenarnya yang diinginkan anak terkadang tidak dapat diucapkan, oleh karena itu orangtua harus peka terhadap keinginan anak dari dalam hatinya. Hal ini membutuhkan kesabaran dan pendampingan (kuantitas waktu dalam kebersamaan dengan anak), kita akan mengerti dari bahasa tubuhnya. ketakutan apa yang disembunyikannya dan bagaimana kita dapat membuatnya nyaman saat di sekolah.

Semoga bermanfaat

About aminah z

seorang hamba ALLAH, istri, ibu yang mendambakan membentuk keluarga menjadi baiti jannati '' surga di bumi. mohon doa pembaca :)
This entry was posted in Anak2ku, mendidik anak, sekolah and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s